PRAKATA

Hasil-hasil penelitian terutama dalam bidang Teknik, Teknologi, dan Sains telah banyak memberikan sumbangan terhadap kehidupan manusia, sehingga tercipta suatu kehidupan modern masa kini. Kebudayaan itu sendiri termasuk cara manusia bagaimana menjalankan kehidupannya sehingga seperti sekarang ini, adalah merupakan suatu rangkaian hasil pemikiran manusia, yang berlandaskan atas metode ilmiah. Penelitian-penelitian yang Kita lakukan saat ini, baru dapat dikatakan valid apabila didasarkan atas metode ilmiah dalam mencari jawaban atas suatu masalah yang dihadapinya. Semua tulisan yang dimuat dalam jurnal ini, baik berupa suatu hasil penelitian atau telaah pustaka harus dalam kerangka metode ilmiah dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh dewan redaksi.

Jurnal Teknosains sengaja kami terbitkan untuk menampung hasil-hasil penelitian, telaah pustaka atau artikel ilmiah dalam bidang Teknologi, Teknik dan Sains. Saat ini mungkin sudah banyak telah terbit jurnal-jurnal sejenis, tetapi kami bertekad untuk menjadikan jurnal ini, sebagai referensi ilmiah penting bagi para Teknologiwan dan Ilmuwan dalam menyelesaikan dan menyempurnakan pekerjaan mereka. Kami mengundang kepada semua komunitas dan pemerhati bidang-bidang Teknologi, Teknik dan Sains untuk mendukung kami dalam mewujudkan cita-cita tersebut, baik berupa tulisan yang layak kami terbitkan atau bantuan-bantuan lainnya yang berguna bagi kami sehingga jurnal ini dapat terbit terus setiap semester. Pada gilirannya nanti semua bantuan-bantuan Anda tersebut dapat memperkuat bangsa ini dalam menciptakan atmosfir keilmuan yang kuat di negara Kita yang tercinta ini.

Tulisan-tulisan dalam jurnal Teknosains ini, kami katagorikan dalam tiga bidang utama, yaitu Teknologi, Teknik dan Sains, kemudian ciri utama dari setiap tulisan kami bagi-bagi lagi menjadik sub-sub katagori. Pembagian-pembagian tersebut diputuskan oleh dewan redaksi, sehingga penulis tidak perlu mengelompokkan tulisannya sendiri. Pada penerbitan perdana ini, jurnal Teknosains menyajikan tujuh tulisan hasil penelitian, yang mana kami katagorikan dalam lima sub bidang yaitu Teknologi Jasa, Teknologi Informasi, Teknologi Proses, Teknik Produksi dan Sains Lingkungan. Pembagian tersebut kami lakukan untuk memudahkan pembaca dalam mencari tulisan yang sesuai dengan minatnya.

Jurnal ini dapat terbit tepat pada waktunya sehingga ada di tangan Anda saat ini, tidak terlepas dari kerja keras Mitra Bestari, Dewan Redaksi, Penulis/Peneliti, Redaktur Pelaksana dan Staf Pendukung. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan. Dukungan institusi yaitu Fakultas Teknik dan Universitas Sahid dan dorongan yang tulus dari Rektor, sangat membantu kami dan memberi semangat tim kami dalam bekerja mewujudkan jurnal yang telah lama kami idam-idamkan tersebut. Akhir kata kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak, yang telah berkorban materiil maupun moril dalam penerbitan perdana jurnal Teknosains.